kumpulan cerita ibu rumah tangga

Selasa, 04 Agustus 2015

Hidup Hemat Ala IRT - Part 3

Nahhh... Kita sekarang masuk ke part 3 untuk tips hidup hemat ala ibu-ibu rumah tangga =D
Bagi para ibu/bunda/mama yang ingin membaca Tips Hidup Hemat Ala IRT Part 1 dan Part 2 silahkan mampir ke link ini ya :

Sumber
Poin 3 : Gas
Sudah sejak beberapa tahun silam secara perlahan kita mengkonversi penggunaan kompor yang menggunakan minyak tanah menjadi kompor yang menggunakan gas. Bila kita berbicara tentang sumber daya gas alam maka mungkin hal ini akan terlihat lebih mudah, baik dalam penggunaannya maupun dalam penghematannya. Namun akan berbeda bila kita berbicara tentang gas yang terdapat dalam tabung, karena terdapat perbedaan yang sangat signifikan dalam penggunaannya walaupun sama-sama berbentuk gas.

Hanya sebagian kecil kota di Indonesia yang masyarakatnya telah mencicipi kemajuan teknologi gas alam, yaitu pemanfaatan gas alam untuk kebutuhan rumah tangga, dimana pipa khusus yang dipasang di dalam rumah (khususnya dapur) akan terhubung langsung dengan kompor gas. Sehingga penggunaan dan pemanfaatan gas alam dapat dilakukan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan tanpa harus takut kehabisan gas, pun semakin ekonomis dengan biaya pembayaran per bulan yang berkisar antara 50ribu sampai 60ribu rupiah saja! Amazing bukan?! Penggunaan gas alam dalam memasak makanan juga lebih hemat waktu, masakan lebih cepat matang merata.

Akan berbanding terbalik saat kita menggunakan gas yang berbentuk tabung. Belum lagi harganya yang mahal karena dimonopoli (tidak ada pilihan gas tabung merk lain), isinya sering dicurangi (dikurangi), tingkat keamanannya yang masih sangat rendah (sering meledak), plus sering terjadi kelangkaan di pasar. Untuk mensiasati penggunaan gas tabung, sebaiknya kita melakukan proses masak sekaligus. Dalam artian begini, saat kita memasak usahakan sekaligus memasak. Setelah masak air, lanjutkan dengan memasak sayur, lanjut lagi dengan memasak lauk, menggoreng kerupuk (kriuk kriuk kriuk :d), memasak sarapan, membuat bekal dan masakan lainnya.

Terlalu sering menghidup-matikan gas akan membuat aliran gas menjadi cepat terbuang, jadi ada baiknya juga kita sekaligus memasak, kan jadi tidak terlalu capek =D . Saat memasak pergunakanlah api yang sedang agar penggunaan gas awet dan masakan tidak cepat gosong. Perhatikan juga dengan seksama indokator volume gas, apakah masih bisa digunakan atau sudah habis dan harus segera diganti. Jangan sampai saat kita memasak eh tiba-tiba gas-nya habis, kan ga seru… masakan belum matang eh harus berkeliling dulu nyariin warung yang jualan gas tabung =D Latih juga indera penciuman kita, pertajam dengan bau-bau-an aneh seperti bau gas. Penggunaan gas tabung memang dituntut untuk lebih waspada dengan tingkat kebocoran yang sangat tinggi, rentan kebocoran =(



Mungkin masih banyak tips-tips hidup hemat ala ibu rumah tangga yang lainnya, namun di sini saya hanya mengangkat poin-poin penting yang mencakup ketiga poin tersebut. Lagipula kalau saya tambahkan lagi poinnya lagi, bisa-bisa para ibu/mama/bunda sekalian malah bosan dengan tema yang itu-itu saja =D Next time Insya Alloh akan saya ceritakan lagi tentang tips hidup hemat ala ibu rumah tangga lainnya ya. Atau ada yang berkenan ingin menambahkan tips-tips lainnya? =)


-040815-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar